Pernah denger istilah Urologi ? Atau kamu baru pertama kali tau kata Urologi? Kalau kamu belum tau, artikel ini wajib kamu baca! 
Urologi merupakan cabang ilmu kesehatan yang fokus pada saluran kemih dan sistem reproduksi pria maupun wanita. Spesialis Urologi merupakan Dokter ahli dalam menangani masalah kesehatan terkait Saluran Kemih dan reproduksi pria. Jika ditinjau lebih luas, spesialisasi ini mencakup masalah kemandulan, kanker kandung kemih, saraf kandung kemih, ginjal, hingga saluran reproduksi. Dokter Spesialis Urologi akan mendiagnosis, merawat, dan menangani berbagai kondisi urologis, sehingga dapat memberikan perawatan terbaik dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Menariknya, Spesialis Urologi membagi penanganan masalah menjadi tiga kategori: pria, wanita, dan anak-anak, karena masing-masing kategori punya tipe penyakit yang berbeda-beda. lalu, saat Kapan sih kamu harus berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi? Kamu wajib berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi saat merasakan tanda- tanda di bawah ini : 

  1. Buang air kecil yang disertai rasa perih atau panas
  2. Urine berubah warna menjadi cokelat, merah, atau merah muda (seperti berdarah)
  3. Mengalami maslaah ereksi
  4. Merasa lelah dan gemetar
  5. Frekuensi buang air kecillebih sering dari pada umumnya 
  6. Nyeri punggung atau perut bagian bawah terasa nyeri dan tertekan
  7. Warna urine yang tampak keruh 
  8. Urine berbau menyengat

Jika kamu mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Urologi. Diagnosis dini dan perawatan tepat waktu sangat penting untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Yuk, Konsultasikan segera dengan dr. Gede Yuda Atmaja, Sp.U. Buat janji temu dengan Dokter Spesialis Urologi setiap hari selasa, rabu & Jumat : 17.00 -19.00 WITA di RS Kenak Medika. Hubungi Customer Care untuk melakukan janji temu.